Selasa, 13 Desember 2011

Belajar dan Mengenal OrcaFlex

Mari kita berkenalan dengan OrcaFlex, sedikit cerita apa saja yang bisa kita lakukan dengan software yang satu ini. Semoga bisa menambah pengetahuan bagi yang belum familiar, atau bagi teman2 yg sudah kenal tp masih samar2 mari kita mengenal sedikit lebih mendalam dan siapa tahu tertarik untuk belajar lebih jauh. Pun hampir tiap hari saya bermain dengan orca, akan tetapi pengetahuan saya masih sangat dangkal. Jadi apabila ada hal yg kurang sepaham mari kita berdiskusi bareng, tuker informasi dan pengalaman.

(logonya orca)

Orcaflex adalah perangkat lunak atau software dalam bidang rekayasa kelautan khususnya analisa bangunan terapung yg dikembangkan oleh ORCINA untuk analisa statis dan dinamis. Mencakup area yang luas dalam sistem lepas pantai, misalnya marine riser, mooring siste, instalasi lepas pantai, dst.

Saya ambil contoh untuk mooring analysis. Ada keterkaitan antara MOSES dan Orca untuk melakukan sebuah mooring analysis, sedikit gambarang ttg MOSES bisa dilihat di positingan saya sebelumnya. MOSES digunakan untuk mendapatkan hydrodinamic dan hydrostatic properties dari kapal atau suatu bangunan apung. Output dari MOSES kemudian kita input ke Orca untuk melakukan mooring analysis secara time domain.

Banyak hal yang bisa dilakukan oleh Orca, sesuai dari websit resmi mereka berikut ada beberapa contoh analisis dg bantuan Orca:
-Production Risers
-Drilling Risers
-Moorings
-Riser Installation
-Pipelay and Recovery
-Payload Handling
-Deployment
-Offloading Systems
-Towed Systems
-Defence
-Miscellaneous

Semoga bermanfaaat, cheerrss.

 (single point mooring)

 (jacket to semisub)

(pipelaying)

(flexible riser system)

(drilling rig semisub)

2 komentar:

  1. mas fahmi saya ery mhs sipil its...kebetulan tugas akhir saya membutuhkan moses dan orcaflex..saya butuh orcaflex klo bisa versi yang lumayan baru...bagaimana cara mendapatkannya dan
    bagaimana menginstallnya..terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mau yg versi untuk belajar sy gk punya yg update.. coba ke teman2 yg masih kuliah di T.kelautan, pasti mereka punya...salam

      Hapus