Rabu, 14 Maret 2012

Batam-Tg.Pinang 2012 (Backpacker?)

Selamat sore sebelumnya saya ucapkan, mumpung ada koneksi internet coba saya berbagi seedikit informasi mengenai kepaulauan riau terutama Batam dan Tanjung Pinang. Siapa tau ada yg pingin liburan semi backpacker ke kepri khususnya batam dan tanjung pinang. Akan ada gambaran tempat-tempat dan hal-hal menarik di sini.

Kebanyakan orang lebih mengenal Batam daripada Tg.Pinang. Saya berkesempatan mengunjungi kedua daerah tersebut sekitar seminggu, ambil jatah cuti dari kantor sekalian mengunjungi rekan yg tinggal di daerah ini.

Memang Batam lebih terkenal dari Tg.Pinang, Batam merupakan kota Industri. Cita2 pembangunan industri di Batam adalah untuk menjadi kompititor Singapore, begitu cerita yg saya dapat dari orang2. Menurut wikipedia Kota Batam adalah kota terbesar di Kepulauan Riau dan merupakan kota dengan populasi terbesar ke tiga di wilayah Sumatra setelah Medan dan Palembang. Tempat2 menarik di pulau Batam ini tidak relatif banyak, utamanya wisata alamnya. Tak banyak yg saya kunjungi waktu itu, cuma tempat makan dan jogging pagi di alun2 dekat masjid raya batam. Di alun2 tersebut seperti umumnya alun2 di kota lain banyak orang berkumpul untuk sekedar lari pagi atau jalan2 saja.

Nah kalau di Tanjung Pinang ini banyak wisata alamnya, terutama pantai. Pertama kali mendarat di pelabuhan tanjung pinang baru tahu kalau kota ini berjuluk kota gurindam, gurindam XII gitu kalau gk salah. Penciptanya adalah Raja Ali Haji, berisi tentang nasehat2 kehidupan. Tanjung Pinang merupakan kota pusat pemerintahan propinsi Kepulauan Riau, berbeda dg Batam yg merupakan kota industri. Coba Jakarta bisa seperti ini, kota binsnis dan pusat pemerintahan tidak dijadikan satu. Kan gk semrawut seperti sekarang tho. Orang mau berangkat kerja gk perlu subuh2 udah antri KRL padahal juga kantor baru masuk jm8 pagi, gk seperti di Batam masuk kantor jm8 berangkat bisa jm8 kurang 5 menit.

Gak seru kalau gk ada photo, mari kita simak perjalanan saya yg semi backpacker ini. Supaya para pembaca gk penasaran dg Batam dan Tg.Pinang mari kita lihat beberapa penampakannya berikut ini:

Pagi hari langit Batam terlihat cerah, perjalanan sy tempuh sekitar 1,5 jam dari bandara cengkareng Jakarta. 

Di dalam bus damri, lumayan murah cukup dengan 15rb rupiah kita bisa menuju tempat sesuai dg tujuan kita masing2. Kemarin sy menuju mall nagoya dulu, temen masih kerja sih. Naik bus damri tujuan Jodoh, tinggal bilang "nanti saya turun nagoya ya pak". 

 Isi perut dulu, sarapan di tempat makan depan mall nagoya. Model "pondok makan" begini sangat jamak ditemui di Batam. Kalau di BSD sih mirip2 dg taman jajan gitu. Model2 kantin seperti di kampus, banyak menu yg bisa kita pilih. Mulai dr makanan India, Cina, sampai Indonesia. Harganya beda tipis lah dengan di Jakarta.

 Batam di malam hari, sy ambil dr atas bukit. Lagi2 tempat makan, oiya kalu pesen es teh di batam/kepri ini bilang teh obeng. Lha obengnya mana? gk tau juga sy, mereka sebutnya begitu. Sedang kalau teh anget bilang Teh O, "beng" nya ilang kemana ya? hehehe

Senam pagi di alun2 dekat masjid raya batam, lumayan2 dapat keringat lah. 

Mirip "HOLLYWOOD" di USA nggak sih? Lalu lintas di kota Batam ini sangat bersahabat, pun merupakan kota industri tp gk bikin stress seperti di Jakarta maksutnya waktu kita gk terbuang percuma di jalan gitu. Jakarta oh Jakarta.

Ini masjid raya-nya batam tampak dr luar. Ada yg bilang mirip masjid di Pare Kediri, tp sy gk tau juga. Ada yg tau gk?

Di pelabuhan tanjung Punggur Batam, hendak menyebrang ke Tg.Pinang di pulau Bintan. Rogoh kocek 50rb sekali nyebrang. Kalau nyampe sini ntar mbak2 yg jual tiket itu teriak2 pasti, baruna-baruna atau marina-marina semacam di terminal itu. Tp gk ada calo kok, aman. Tinggal pilih saja, menuju loket dan bayar 40rb. Kemaren sy pilih marina krn mereka lebih tepat waktu, kalau yg baruna nunggu penumpang penuh kan capede. Perjalanan nyebrang sekitar 1jm, selamat menikmati. 

Pelabuhan internasional Tg.Pinang. Ya internasional, dr sini kita bisa langsung ke Singapore atau Malaysia lho. 

Kalau ini tepi laut, namanya emang tepi laut dan bener2 di tepi laut. Deket banget dengan pelabuhan tangjung pinang, tinggal belok kanan saja pas keluar dr pelabuhan. Mulai sore hari akan banyak lapak2 pedagang seperti gambar ini. Rata2 sih menjual minuman buat santai saja, eh tapi agak mahal ya. Segelas paling murah di bandrol 7rb rupiah.

Ini tugu kota Tanjung Pinang, masih di tepi laut juga, sebelah kanannya ada Melayu Square. Di Melayu Square kita bisa beli makanan berat, spesialnya sih makanan laut di tg.pinang ini. 

Sunset di Tepi Laut, kita bisa sambil duduk2 di kursi yg telah disediakan para pedagan disini. 

Ini gurindam XII, raja Ali Haji penciptanya. Universitas Maritim Raja Ali Haji disingkat UMRAH baru saja dibuka di kota ini. Teman2 Tg.Pinang yg kuliah di ITS mungkin jd dosen di universitas tsb.  

Suasana malam di salah satu sudut jalan di kota Tanjung Pinang, rame ya?  

Ini gedung peninggalan Belanda, masih di Tepi Laut juga. 

Wah ini, seafood khas Tg.Pinang, namnya Gong-Gong. Tapi bukan gong-gong yg haram itu, kalau yg haram namanya wau-wau. Minumnya teh tarik, mantaplah. Silakan dicoba.

Pantai Trikora, tepatnya trikora 4. Pantai trikora ada 1-4, cmiw. Kata yg punya kepri, paling bagus ya di Trikora 4 ini. Perjalanan sekitar 2jm dr kota tanjung pinang menggunakan kendaraan sendiri. Agak susah kalau harus pakai kendaraan umum, maklum masih sepi.

Sisi lain di pantai Trikora 4. 

Batu2 di Trikora 4. 

Semisubmersible ala nelayan kepri, kalah canggih rek arek2 T.Kelautan. Mooringnya juga kelihatan OK, hehehe. 

Yg kiri calon gubernur Kepri 2022, yg kanan gk jelas. hehe

Laut adalah tempat bermainku jarene. 

Danau biru bekas tambang pasir,keluar air secara alami dari dalam tanah. 

Masih bekas penambangan pasir, dekat dengan pantai Trikora. Dijual ke Singapore kali ya, tanah air ku ku gadaikan, how pitty?  

Endless bridge di Senggarang, Tanjung Pinang.

Arti papan nama itu, "Selamat Datang di Senggarang". Gk tau saya, cuma kira2 saja. Mungkin ada yg membantu. Di Senggarang ini ada kuil tempat ibadahnya orang2 cina, agamanya apa ya? konghucu paling maaf sy kurang mengerti. 

Kolam ikan koi di Senggarang. 

Salah satu patung yg ada di komplek Senggarang. 

Nah kalau ini pasti patung dewi Kwan Im, masih di Senggarang juga. 

Yg dicari2 Son-Goku di serial dragon ball ternyata ngumpet di Senggarang. Oalah dewa naga Shen-Long, tibae ng kene kowe. hehe 

Si tangan seribu, belum pindah dr Senggarang. 

Biksu Tong Samcong beserta para murid2nya. Ada Kera Sakti,  Patkai, aduh yg lain lupa namanya.

Inget salah satu adegan di serial kera sakti, Sun Go Kong berubah menjadi kuil menghindari kejaran Si Dewa perang dewa Erlang.

 
Pantai Lagoi, Pulau Bintan. 3jm perjalanan dr tanjung pinang dg kendaraan sendiri. Kelebihan lagoi terletak pada pengelolaannya. Pantai secara umum sih mirip2, tp di Lagoi terkelola secara modern seperti di Bali. Pengelolanya orang luar, dr Singapore katanya. Di model resort sehingga orang merasa nyaman disini. Hanya pantai tertentu saja yg boleh dikunjungi oleh umum secara gratis, selebihnya bayar resort alias nginep dan pake mata uang Singapore Dollar.

 Salah satu sudut resort di Lagoi.

 Ini termasuk gratis dikunjungi umum, tp kalau mau nge-camp mungkin beda lagi. Harus ijin yg pasti.

 Ini kera gk tau datang dr mana, lha orang temannya lg di Senggarang bersama gurunya dia malah santai2 di Lagoi.

Suasana jalan di resort yg ada di Lagoi. 

Kalau bulan madu boleh juga di sini, suasananya pantai banget.  

Simpang Lagoi di pinggir jalan utama, untuk masuk ke pantai dr jalan utama masih masuk lagi sekitar 5km lebih. Melewati pos penjagaan seperti di hotel2 ibukota.

Perjalanan ke Lagoi cari jalan lebih dekat, naik rakit karena jembatan belum jadi. Pake mobil jngn khawatir, satu rakit muat untuk dua mobil. Motor di tarik sama abang2 rakitnya 5rb rupiah, lumayanlah drpd muter jauh banget. Beroprasi smpe magrib, so jngan kemaleman. 

Ada bus di lagoi, gmn cara pake bus ini? sy juga kurang tau, tp jarang banget mending pake kendaraan sendiri atau sewa lah. Kalo sy ada yg berbaik hati nganter kok, jd gk perlu naik bus. hehe.. 

 Ini dia tempat2 yg bisa dikunjungi di dalam lagoi, bingung kan banyak banget? Tp gk semua bisa kita masuk secara gratis. Pake Singapore Dollar lho. Kecuali parkirnya saja kita pake rupiah. ckckck

Sekarang kita ke pulau Penyengat, naik prahu kecil yg dipanggil Pong-Pong. 10rb sekali jalan. Katanya kalu gk ke pulau Penyengat blm nyampe Kepri. Plus kudu sekalian sholat di masjid pulau Penyengat, ntar katanya juga akan balik ke Kepri. hahaha 

Orang-orang di dalam Pong-Pong menuju pulau penyengat, nyebrang cuma 10 menit paling. Orang pulaunya dr Tepi Laut kelihatan kok. 

Di Pulau Penyengat terdapat banyak makam raja2 gitu. 

Makamnnya Raja Ali Haji. 

 Komplek makam, masih di Pulau Penyengat.

Masjid Pulau Penyengat, Jum'atan dulu ya saya. 

Pelabuhan di Pulau Penyengat. 

Nah ini dia, orang kepri emang baik hati. Di tempat parkirnya aja di tulis, kalau helm hilang diganti (dlm versi bhs jawa). hehehe 

Ini dia yg punya Kepri, bang Anton a.k.a uda Mufti. Makasih berat kepada sekeluarga. Karena sy telah dianterin jalan2 kesana kemari, jadi ngerepotin banget. Lemah teles, gusti Allah sing mbales. huhuhu

7 komentar:

  1. hue hue hue hue wis di update blog nya cui..

    BalasHapus
  2. waaahhh,, keren tersaji secara apik.. Merdeka!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih sudah mampir dan kasih jejak mbak ayoe, merdeka!!!

      Hapus
  3. Siiip infonya,kalau perjalanan batam-tanjung pinang berapa jam ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sippp, same2 lah....batam-tg.pinang sekitar 1jm naik kapal dr tg.punggur...silakan dicoba, main2 ke tanah melayu...

      Hapus
  4. Bang mau tanya tanya bang, rencananya mau perjalan juga ksana bang, trus minimal 50 km pantai, kalo di peta sebelah barat dari lapangan golf itu perizinan nya susah ga ? Bole untuk umum ga yg dsana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah masAd, sy kurang tau ttg perijinan ke situ. Kemaren cuma masuk ke pantai yg free untuk umum itu saja. Mungkin boleh, tp kudu bayar. Selamat mencoba ya...

      Hapus