Kamis, 17 September 2009

PUNCHING SHEAR

Apa itu punching shear?

Punching shear adalah gaya yang terjadi pada koneksi atau sambungan struktur. Gaya yang terjadi pada sambungan2 ini mempunyai peluang terjadi kegagalan yang besar dikarenakan pada daerah sambungan tersebut menghasilkan konsentrasi
tegangan. Konsentrasi tegangan tersebut diakibatkan oleh beban yang dialami oleh struktur.

Pada umumnya, punching shear ini terjadi pada struktur lepas pantai. Dimana kaki jacket terkena beban gelombang yang berulang-ulang selama masa servisnya. Beban menimbulkan tegangan, dan tegangan menghasilkan punching pada koneksi2 atau joint2 di kaki jacket.




Mungkin, bagi teman2 yang baru mempelajari punching ada parameter2 yang belum dipahami pada recomended practice API RP-2A-WSD tersebut. Parameter tegangan yg terdapat pada punching shear antara lain:
#In Plane Bending (bending searah dengan sumbu cord-nya)
#Out Plane Bending (arah bending tegak lurus sumbu cord)
#Axial Bending (pasti sudah paham, sudah umum kan)


Untuk melakukan perhitungan ini, kamu harus cermat dalam menentukan dimana gaya atau tegangan itu terjadi. Di brace atau di cord nya. Sebetulnya di recomended practice itu sudah tertulis, mungkin agak susah dimengerti karena pakai bahasa inggris ya...

Ingat!!!
Perhitungan yang ada di API RP-2A-WSD ini hanya berlaku untuk jenis sambungan yang simpel. Untuk bentuk konfigurasi yg agak rumit, diperlukan analisa yang lebih mendalam. Biasanya menggunakan metode elemen hingga.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar