Sabtu, 17 April 2010

Windrose (introduction)

Menurut Encyclopedia Britannica windrose adalah diagram yang menyederhanakan angin pada sebuah lokasi dengan periode tertentu. Windrose (diagram mawar angin) juga digunakan sebagai petunjuk untuk mengetahui delapan arah mata angin.
Windrose modern digunakan oleh meteorologist untuk mengetahui persentase hembusan angin dari setiap arah mata angin selama periode observasi. Sering kali windrose menunjukkan besarnya kecepatan angin dan persentase angin calm. Windrose biasanya memiliki delapan arah garis radiasi. Sedangkan menurut wikipedia pengertian windrose adalah grafik yang digunakan oleh meteorologist untuk memberikan pandangan secara ringkas bagaimana kecepatan angin dan arahnya yang terdistribusi pada sebuah lokasi.





Windrose juga sangat penting dalam sebuah sistem rekayasa teknik pantai maupun lepas pantai. Dengan mengetahui arah angin dominan maka arah gelombang juga dapat diketahui. Angin yang merupakan penyebab dari timbulnya gelombang, maka arah angin dan arah gelombang dominan adalah analog atau sama. Jika arah gelombang dominan sudah diketahui maka akan sangat memudahkan untuk analisa selanjutnya.

Misalnya pada pembangunan sebuah bangunan pemecah gelombang (breakwater). Orientasi arah dari breakwater tersebut harus disesuaikan dengan arah datang gelombang dominan agar bangunan tersebut menjadi efektif untuk melindungi pantai atau bangunan lain dibelakangnya.


Untuk mendapatkan windrose kita memerlukan beberapa data penunjang, data-data tersebut antara lain:
  • kecepatan angin (tiap arah, misal N, NE, SE, S, SW, W, NW)
  • durasi pengukuran angin (misal dalam jam 00-23 atau 01-24)
  • waktu pengukuran (dalam tanggal,bulan,tahun; semakin banyak data maka windrose lebih valid)
Contoh data angin yang sudah ada, data angin berikut merupakan data angin perairan natuna dari tahun 1998-2007. Data selengkapnya dapat di download disini.


Sekarang sudah ada alat bantu atau sofware yang memudahkan kita untuk membuat windrose. Software windrose dapat di download gratis disini. Freeware ini bernama WRPLOT, untuk dapat menggunakan software ini harus kita lakukan aktivasi. Aktivasinya pun dapat kita lalkukan secara gratis, tinggal ikuti petunjuk lalu activasion code dikirimm melalui email anda.

Gambaran umum WRPLOT disadur dari situsnya:
WRPLOT View is a fully operational wind rose program for your meteorological data. It provides visual wind rose plots, frequency analysis, and plots for several meteorological data formats. A wind rose depicts the frequency of occurrence of winds in each of the specified wind direction sectors and wind speed classes for a given location and time period.

screenshoot WRPLOT:

12 komentar:

  1. wah ternyata masalah bangun, membangun seperti yang di jelaskan di artikel, ga bisa sembarangan yah mas.. hmmm menarik..

    salam kenal mas!!

    BalasHapus
  2. salam kenal juga..

    emang masalah bangun-membangun, karena basic saya seperti itu.

    thank sudah mampir.

    BalasHapus
  3. bisa ga di bantu gimana cara membaca widrose nya,,, untuk contoh gambar 1 aja mas,.. thanx

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara bacanya gmpang kok mbak.
      'daun mawar' itu menunjukkan arah anginnya.
      misal 'daun mawar'nya ada di utara, berarti angin dr arah utara.
      thx

      Hapus
  4. saya Michele dari Manado, salam kenal
    cuman mau tanya mas, kalau data anginnya diganti data arus boleh ga mas..? soalnya aku mo buat mawar mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas michele dr manado, salam kenal juga.
      kalau mau dibuat jadi mawar arus bisa kok.
      setau sy arah dominan antara arus, angin, dan gelombang akan sama.
      tks udah mampir ke blog sy.

      Hapus
  5. kami (carles dan agus) dari sumatera barat, salam kenal ya, blog ini menarik sekali. mau tanya bagaimana kalo kita punya data angin yang dikeluarkan anemometer setiap 1 menit, dan kita ingin mengubah menjadi rata-rata perjam dan rata-rata harian. Bise nggak software wrplot digunakan?bagaimana tahapan detilnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mas carles dan mas agus udah mampir ke blog sy. untuk mengconvert dr data menit ke rata2 perjam/harian di software WRPLOT tdk bisa. setahu sy wrplot akan memproses data yg kita input, jk kita input menit maka hasil diagramnya juga menit. demikian juga dg data harian.

      Hapus
  6. MAAF, sblumnya, ada ga materi tentang syarat-syarat perpanjangan landasan pacu.????bisa ga kirim ke email sy, pecintailmu@ymail.com.trimakssh

    BalasHapus
  7. cara gunakan softwareny g,mna bang

    BalasHapus
  8. Selamat sore mas fahmy. Blognya sangat bermanfaat. Oh ya, saya mau bertanya, apakan wrplot bisa digunakan untuk membuat windrose berdasarkan data angin harian, bukan perjam, dimana satu hari hanya ada satu data. Saya sudah mencoba tapi terkendala dengan time nya. Terima kasih

    BalasHapus