Jumat, 05 Maret 2010

Pengertian Riser (introduction)

Dalam segi bahasa arti kata riser adalah alat untuk menaikkan, karena mengandung kata rise yang memiliki makna naik. Tetapi dalam segi ilmu khususnya tentang offshore pipeline, riser adalah pipa konduktor yang berfungsi untuk menghubungkan suatu bangunan terpancang maupun terapung dengan wellhead atau sumur produksi minyak dan gas yang berada pada seabed (dasar laut).
Secara umum mempunyai fungsi yang hampir sama dengan offshore pipeline yaitu mengalirkan fluida yang keluar dari wellhead menuju anjungan yang nantinya akan diproses atau ditampung sementara. Tetapi riser memiliki kelebihan yang lain, yaitu dapat melakukan beberapa fungsi sebagai berikut:

1. Injection
2. Drilling
3. Completion
4. Workover



Buyon Guo (2004) menyatakan bahwa riser merupakan segment vertikal atau near-vertikal yang menghubungkan fasilitas pada topsides (bangunan atas) dengan subsea pipeline. Biasanya desain riser memperimbangkan pipeline approach, clamps, supports, guides dan alat penyangga expansion.
Pada foto dibawah, riser ditunjukkan oleh pipa yang berwarna putih. Riser tersebut terletak pada platform suatu anjungan lepas pantai.

2 komentar:

  1. kalau boleh tahu, pengertian tentang riser oleh Buyon Gou beliau nyatakan pada buku apa halaman berapa? Thanks

    BalasHapus
  2. kalau boleh tahu, pengertian tentang riser oleh Buyon Gou beliau nyatakan pada buku apa dan halaman berapa? Thanks.

    BalasHapus