Kamis, 17 September 2009

Bekapai Platform


Platform itu bahasa kerennya, biasanya orang awam menyebut dengan anjungan lepas pantai. Ini merupakan pengalaman pertamaku naik ke atas platform.

Sungguh beruntung bisa kerja praktek di Total Indonesie (TI). TI merupakan perushaan oil & gas asal Prancis. Site alias lapangan TI kebanyakan berada di daerah offshore. Mahakam contract area, jadi delta Mah
akam dikelola dan di eksporasi serta eksploitasi oleh TI ini.

Kebetulan aku dikirim ke BSP (Bekapai-Senipah-Peciko). Area BSP ini jika ditempuh dari Balikpapan sekitar 1-2jam. Deket aja, maklum dah terbiasa perjalanan 5jam jk pulang kampung.


Nah, Bekapai dan Peciko merupakan ladang minyak dan gas bumi. Minyak di Bekapai sedangkan gas di Peciko. Di dua site ini, yang terletak di lepas patai terdapat platform2 yang dioperasikan untuk eksploitasi bumi. Di masing2 site, Bekapai dan Peciko terdapat sekitar 10 platform. Agak lupa jumlah pastiya. Untuk di Bekapai, penamaan platformnya dengan format kayak gini. Misal, SWP-BL,MWP-BA, dll. Untuk Peciko MWP-A,MWP-B, dll. MWP (manifold well platform), sedangkan SWP (single well platform).

Foto yg terpajang itu, merupakan platform di Bekapai. Seingatku itu MWP-BA, nampang bentar boleh kan. Di MWP-BA itu terhubung dengan platform living quater. Jembatan/walk way yg menghubungkan kedua platform panjangnya sekitar 100m dengan lebar 1m.

Safety First!!! Tulisan itu selalu terpajang di site. Tidak hanya untuk dibaca tapi juga dikerjakan. Kalau pergi ke platform, tiap personel harus mematuhi peraturan yg berlaku. Salah satunya mengenakan PPE alias safety2 yg harus qt pakai. PPE itu al:
#helmet
#safety shoes
#kaca mata safety
#pelindung telinga (cz bising banget)

Sekian aja ceritanya, bukannya pelit tapi supaya kamu penasaran aja....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar