Kamis, 17 September 2009

BALIKPAPAN 2009

Balikpapan adalah kota pertama di luar pulau Jawa yang saya kunjungi. Perjalanan dimulai dari Surabaya, perjalanan kira2 membutuhkan waktu 1jam. Harga tiket pesawat sby-bpn berkisar 400-600 rb pada hari2 normal.


Apabila kamu belum pernah ke Balikpapan, ini sedikit gambaran balikpapan dari sudut pandang saya. Walaupun hanya sebentar, sekitar 1bulan di kota ini.

Dari segi luas wilayah kota, kurang lebih sama dengan kota Malang di Jatim. Kotanya berbukit2, jalanan naik turun. Hampir tidak ada orang disini yang beraktifitas menggunakan sepeda "engkol", mungkin karena nggak efektif. Capek betuuul.....

Nah, yang satu ini. Biaya hidup Balikpapan bener2 muaahal kalau menurutku. Sekali makan di warung harus bawa uang minimal 15ribu. Rata2 makan+minum bisa keluar uang 10-13rb, itu harga standard disini. Lauk ikan, pakai sayur, plus minum es teh.

Untuk transportasi, bila kamu tidak ada kendaraan sendiri jangan khawatir. Ada angkutan kota, tapi penduduk asli sini menyebut angkot dengan sebutan TAKSI. Jadi jangan sampai kamu keliru. Ongkos sekali jalan (september 2009) 3rb saja. Kalau ada uang pas, bisa dikasih 2.500. Asal jarak yg kamu tempuh tidak jauh banget. Angkot disini rute-nya "fleksibel". Jadi kalau kamu ingin naik angkot, sebaiknya bilang sama pak sopir. Misal "pelabuhan pak???". Kadang si sopir lewat jalan pintas, atau jalan yang kira2 dia dapat penumpang.

Mungkin itu sedikit info mengenai kehidupan di balikpapan...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar