Rabu, 29 Juli 2009

PONOROGO

Ponorogo terletak di sebelah selatan provinsi Jawa Timur. Kota ini bisa dijangkau menggunakan kendaraan darat. Bisa menggunakan bus dari Surabaya, akan tetapi apabila tidak mendapatkan bus langsung ke jurusan Ponorogo maka anda bisa transit terlebih dahulu lewat kota Madiun. Begitu juga apabila anda menggunakan kereta api, karena di Ponorogo tidak ada stasiun kereta api anda harus turun di Madiun kemudian melanjutkan perjalanan ke Ponoogo menggunakan bus umum. Perjalanan dari Madiun ke Ponorogo memakan waktu sekitar 45menit dengan asumsi lalu lintas lancar.

Apabila anda berkesempatan untuk mampir ke kota Ponorogo ada beberapa hal yang sebaiknya jagan anda lewatkan. Anda harus mencicipi kelezatan sate Ponorogo. Harganya pun tidak akan membuat kantong anda jebol, sate POnorogo mempunyai ciri bahwa dagingnya lebih besar dari pada sate biasa pada umumnya.

Selain wisata kuliner, di Ponorogo juga terdapat beberapa wisata alam. Telaga Ngebel, terletak sekitar 25km dari pusat kota. Akses jalan ke telaga ngebel mudah dijangkau. Pemandangan alam yang asri dan suasana pedesaan masih sangat kental di telaga ngebel. Bagi pecinta buah duren, di telaga ngebel juga dijual buah berduri tersebut. Harganya murah, karena baru dipetik dari pohonnya.

Kalau meyebut kota ponorogo pasti tidak jauh dari kesenian REOG. REOG rupakan tarian asli daerah POnorogo yang sudah terkenal ke segala penjuru dunia.Sampai-sampai negara tetagga mengaku2 bahwa Reog adalah kesenian mereka. Apabila anda ingin melihat pergelaran seni REOG, maka anda bisa datang pada saat tahun baru Islam pada bulan Muharam. Orang Jawa biasa menybut dengan bulan suro. Dalam bulan suro tersebut dihelat acara Grebek Suro. Di acara tersebut dilangsungka festival REOG nasional, dimana peserta dari daerah masing2 menampilkan tarian REOG yang sangat fantastis.

1 komentar: