Rabu, 27 Juli 2011

Tual, Maluku Tenggara

Ini adalah kali pertama perjalanan saya ke Indonesia Timur, dalam rangka tugas perkerjaan. Tepatnya di daerah Kepulauan Maluku, Tual Maluku Tenggara. Untuk mencapai Tual perjalanan menempuh waktu sekitar 7-8 jam dari Jakarta tergantung kondisi penerbangan.

 "Maluku Tenggara"


Berangkat dari jakarta menggunakan penerbangan pertama dg budget airlines, boarding dari bandara Cengkareng pukul 01.30 dini hari. Berangkat dini hari dimaksudkan karena pekerjaan di Tual sudah menunggu unutk di eksekusi pagi hari waktu setempat.

Penerbangan yang langsung direct dari Jakarta ke Tual sepertinya belum ada sampai tulisan ini saya ketik, kita harus transit dulu ke Bandara di Ambon. Kemudian dilanjutkan dengan pesawat baling2 dg ukuran agak kecil menuju Tual. Sampai bandara Tual pada puku 8-9 waktu setempat.

Nah, karena pekerjaan sudah saya selesaikan maka sembari istirahat dan menuggu penerbangan pulang ke Jakarta saya sempatkan main2 ke pantai yg ada di pulau Tual ini. Sebelumnya saya sudah survey cari info ttg wisata yg menarik di sini. Dapatlah info, ada pantai yang luar biasa bagus. Pantai Panjang namanya, dinamakan demikian karena memang garis pantainya panjang banget. Capek kalau harus jalan kaki di pantainya. Pasir di pantai ini putih dan bersih, hampir sama dengan tepung.

"Pantai Panjang"

Untuk mencapai pantai nan indah ini sangat mudah, perjalanan ditempuh sekitar 30 menit dari pusat kota Tual. Kemarin saya menyewa motor dengan tarif 10rb/jam, kondisi tangki bensin sudah penuh. Saya sewa di petugas hotel tempat saya menginap. Sudah bisa dipakai puter2 Tual sampai bosen. Mengenai arahnya kemana tinggal tanya orang saja, enak to..??
"ikan bakar enak"

Info tambahan juga, tarif hotel per malam rata2 200-400rb/malam tergantung kelas yang bagaimana, disesuaikan sendiri saja. Sama2 kita ketahui kuliner khas Indonesia Timur adalah ikan, jadi jangan lewatkan makan ikan baik goreng maupun bakar. Ukuran ikan super besar, maknyus kalau kata pak bondan.

Selamat mencoba....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar