Jumat, 29 Juli 2011

Marine Operation, Bonus Video Animasi

Dalam dunia offshore engineering terutama di dunia Oil and Gas, banyak sekali jenis operasi kelautan atau biasa disebut marine operaion yang sering dilakukan. Untuk mendukung operasi tersebut diperlukan keterlibatan oleh banyak pihak. Beberapan jenis operasi kelautan yang sering dilakukan antara lain:

  • Rig move
  • Crane barge lifting
  • Sea-fastening
  • Jacket up-ending
  • Jacket launching
  • Towing operation
  • dll
Untuk melakukan berbagau jenis operasi tersebut diperlukan SDM yang ahli dalam bidangnya, untuk urusan offhshore engineering atau teknologi kelautan ITS ahlinya. Di ITS adalah gudangnya pakar teknologi kelautan di Indonesia. Sorry bro, sedikit promosi almamater saya :)


Dari video di atas dapat dilihat betapa kompleksnya dalam melakukan operasi rig transportation. Untuk melakukannya diperlukan ketelitian agar dapa dikerjakan secara safe. Untuk menarik sebuah rig saja, diperlukan tiga buah tug boat yang bekerja bersama-sama untuk mempertahankan posisi Jack-up rig.


Kalau video kedua ini menunjukkan proses saat dilakukan operasi offloading dari F(P)SO ke Tanker secara tandem. Dimulai saat tanker mulai merapat ke bagian belakang dari F(P)SO kemudian dilanjutkan conneting hawser serta hose untuk menyalurkan muatan dari dalam F(P)SO menuju Tanker.


Pada video ke 3, kita akan menyaksikan proses instalasi struktur jacket di laut lepas dengan cara launching. Stuktur kaki jacket yang sudah selesai di fabrikasi di darat, di bawa ke tengah laut dengan menggunakan barge. Setelah sampai di lokasi kemudian struktur jacket ditenggelamkan, tentunya dengan berbagai pertimbangan dan perhitungan sebelumnya.


Untuk video yang ke-4 ini merupakan proses instalasi pipa bawah laut dangan metode pipe-laying. Pada video di atas pipe-laying dilakukan dengan menggunakan submersible.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar