Senin, 10 Januari 2011

Ekspedisi ke Sempu

Sempu, untuk pertama kalinya saya ke liburan ke pulau sempu pada pertengahan tahun 2010 yang lalu. Sebelumnya mari kita lihat dari beberapa sumber dulu mengenai sempu.


Menurut sini, Pulau Sempu adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah selatan Pulau Jawa. Pulau ini berada dalam wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur. Saat ini Sempu merupakan kawasan cagar alam yang dilindungi oleh pemerintah. Dalam pulau ini nyaris tidak ditemukan mata air payau.
 
Secara geografis, Pulau Sempu terletak diantara 112° 40' 45? - 112° 42' 45? bujur timur dan 8° 27' 24? - 8° 24' 54? lintang selatan. Pulau itu memiliki luas sekitar 877 hektar, berbatasan dengan Selat Sempu (Sendang Biru) dan dikepung Samudera Hindia di sisi selatan, Timur dan Barat.

Pulau Sempu dapat ditempuh dari Malang melalui Pantai Sendang Biru, dan penyeberangan menggunakan perahu nelayan, serta mendapat perijinan.

Sedangkan dari sumber yang saya kutip dari sini,   Objek wisata alam yang satu ini memang tidak sebeken obyek lainnya di Jawa Timur Gunung Bromo. Akan tetapi, keistimewaannya sangat unik dan jelas berbeda dari objek-objek wisata lainnya di sana.

Jauh dari kebisingan, suasananya alami, asri dan tidak ada satu pun bangunan yang berdiri di Pulau ini seperti tempat penginapan, rumah makan dan sebagainya. Pulau Sempu, adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah selatan Pulau Jawa. Pulau ini berada dalam wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur. Saat ini Sempu merupakan kawasan cagar alam yang dilindungi oleh pemerintah. Di pulau tersebut ada lebih dari 80 jenis burung yang dilindungi dan juga masih terdapat hewan-hewan lainnya seperti; babi hutan, kancil, juga lutung jawa dan jika beruntung bisa menemui jejak–jejak macan tutul.

Selain berenang para pengunjung juga bisa bersantai dengan bermain voli pantai. Bagi yang menyukai suasana alam yang asli dan jauh dari kebisingan kota, Pulau Sempu merupakan tempat yang pas untuk dikunjungi.   

Keunikan berwisata di pulau ini adalah jika air sedang surut kita bisa menyebrang dari Pualu Jawa menuju Pulau Sempu. Pengunjung umumnya menyeberang pergi dan pulang pada pagi dan sore hari, karena penyebrangan hanya bisa dilakukan pada saat-saat itu dan bahkan tidak boleh lebih dari pukul 16.00 sore. Di pulau ini terdapat telaga yang disebut Segara Anakan. Dimana air yang terdapat di telaga ini berasal dari air deburan ombak yang menghantam karang. Sebagian air itu mengalir masuk ke Segara Anakan melalui karang yang berlubang besar di tengahnya.

Jika pengunjung ingin bermalam di sini anda bisa menginap di penginapan–penginapan milik masyarakat di sepanjang jalan menuju Pantai Sendangbiru. Atau bisa juga dengan membuka tenda di Pulau Sempu, namun pengunjung harus meminta izin terlebih dahulu di pos penjagaan di Sendangbiru yang terletak tepat di seberang Pulau Sempu. Hal ini dilakukan demi menjaga kelestarian habitat dan lingkungan sekitar objek wisata Cagar Alam ini.

Mejeng dulu, hasil jepreten pas saya ke sempu dulu...hehehe....
nyebrang dr pulau Jawa ke pulau Sempu..
  
Menginjakkan kaki di pulau Sempu..
 
Segara anakan dilihat dari atas...lagi rame, banyak yg bikin tenda...dr atas kelihatan seperti pasar...ckckck


arek gak jelas,... :D
 
Laut selatan....

Saran kalau mau camp di sempu, siapa tau bisa membantu:
1.Bawa barang secukupnya, tidak usah berlebihan. Pengalaman saya kemaren, karena terlalu khawatir akan bahan bakar untuk masak gak cukup, anak2 membawa gas LPG 3kg. Akhirnya di tinggal di pulau ini karena kecapean bawanya. Berat, gak tau nasib gas LPG tersebut bagaimana sekarang. Semoga saja tidak meledak seperti berita di TV.

2.Semua barang, barang kelompok maupun barang pribadi masuk dalam tas. Artinya tangan kita tidak menenteng apapun, kalau tongkat untuk membantu jalan lebih mudah ya bolehlah.

3.Bawa air mineral secukupnya,kalau kuwat bawa galon gpp. Masukan ke tas kalau muat, :D.

4.Jangan pakai sendal, apalagi sendal jepit. Medan yang harus dilalui di pulau sempu pada umumnya berlumpur dan dibawahnya batu karang yang tajam. Kalau tidak pakai alas kaki akan tau sendiri akibatnya, kaki kita menginjak batu karang yang tajam tersebut. Salah2 bisa berdarah karena terjatuh.

5.Last but not least, bawa camera. Penting ini...

1 komentar:

  1. Miiii,
    Ayo kapan ng Sempu maneh,
    sebelum sembu menyemburkan lahar panas.

    Hei, jek niat Investasi emas ndak?

    BalasHapus