Sabtu, 22 Januari 2011

Belajar dan Mengenal MOSES

Dalam proses perancangan struktur lepas pantai terapung, penentuan kemampuan kerja struktur dipengaruhi oleh beban yang bekerja pada struktur tersebut. Selain itu salah satu faktor paling penting adalah dengan mengetahui karaktersitik gerakan struktur terapung tersebut akibat beban lingkungan yang berpengaruh kepadanya.
Untuk mengetahui karakteristik gerakan struktur terapung, kita dapat menggunakan bantuan software. Salah satu software yang sering digunakan adalah MOSES yang diproduksi oleh Ultramarine Inc. 


Menurut mereka "Ultramarine, Inc. is a privately owned professional organization which offers engineering services to the technical community. It specializes in engineering design and analysis as well as the development of special purpose computer programs to assist in such analyses." Kalau di artikan dalam bahasa Indonesia kurang lebih sbb, "Ultramarine, Inc adalah organisasi profesional swasta yang menawarkan jasa rekayasa kepada masyarakat teknis. Ia mengkhususkan diri dalam desain teknik dan analisis serta pengembangan program komputer tujuan khusus untuk membantu dalam analisis tersebut."

Pada dasarnya benda yang mengapung mempunyai 6Dof (6 derajat kebebasan) yang terbagi menjadi dua jenis, yaitu tiga mode gerakan translasional (surge,sway,heave) dan tiga mode gerakan rotasional (roll, pitch, yaw).


Dalam memodelkan struktur terapung harus mempertimbangkan arah datangnya pembebanan dari struktur tersebut. Karena keadaan lingkungan laut yang sering berubah-ubah tak menentu. Pembebanan dari arah depan, samping, sampai dari belakang pun harus di analisis.


Berikut ini ada beberapa screen shot hasil pemodelan dengan software MOSES, dari struktur yang berbentuk sederhana sampai dengan bentuk yang cukup rumit.

 
model barge sederhana...

 model barge + crane,biasanya disebut crane barge..

model semi submersible dg dua ponton..

 
yang ini drilling rig..

Sebetulnya masih banyak seluk beluk dari MOSES yang diperlukan pendalaman lebih, butuh waktu dan ketekunan untuk sofware yang satu ini. Kalau sudah menguasai kira2 seperti ini...nabi Musa yg bisa membelah laut merah...ngerii...

4 komentar:

  1. Like this..
    Aku juga sedang dalam pematangan project untuk menambah rubrik sharing MOSES di blog pribadi. Hanya saja sering berbenturan dengan pekerjaan di kantor.

    BalasHapus
  2. ada mas mentorku rek, pole isin..
    cuma coret2 gak bermutu mas, heuheu.
    ngerti cuma sdikit2, tak share juga sedikit2 lah..
    sukses mas.

    BalasHapus
  3. buka-buka blog kelautan ternyata ada yg membahas MOSES

    Good selalu di improve dan sukses

    salam,
    Wendy

    BalasHapus