Selasa, 02 Agustus 2011

Marhaban Ramadhan

Marhaban ya Ramadhan, bulan yang lebih baik dari pada bulan2 yang lainnya. Bulan penuh ampunan, maghfiroh, serta hidayah dari Allah. Sungguh sayang apabila pada bulan penuh berkah ini kita lewatkan begitu saja seperti pada bulan2 lainnya. 

Pada bulan Ramadhan ada beberapa amalan yang dianjurkan untuk dilakukan. Sudahkah kita melakukan salah satunya? yah minimal salah satu lah, daripada tidak sama sekali. Rugi besar, sesungguhnya manusia dalam keadaan merugi. Dan berikut adalah amalan2 Ramadhan itu:
  • Perbanyak Sedekah, sebab Nabi Saw. Afdholush shodaqoh Shodaqotun Fi Romadhon HR Turmuzi ( Sedekah yang paling utama adalah sedekah dibulan Romadhon.
  • Qiyaamul Lail, Nabi bersabda, Man qooma Romadhoona Iimaanan wahtisaaban ghufiro lahu maa taqoddama min dzanbih HR Bukhori 1/16 ( barang siapa dia qiyaamur Romaadhon dengan keimanan dan mengharap ridho Alloh semata, maka ia akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu )
  • Membaca Al Qur’an, karena Nabi memperbanyak membaca Al Qur’an di bulan Romadhon dan Jibril Alaihissalam bertadarrus dengan Nabi juga di bulan Romadhon ( Shahih Bukhori Bab Badaul wahyi ).
  • I’tikaf yaitu berdiam diri di masjid untuk melakukan ibadah dalam rangka taqorrub kepada Alloh. Rasulullah Saw selalu i’tikaf di sepuluh akhir bulan Romadhon sampai beliau wafat sebagaimana yang tersebut dalam hadits-hadits shahih.
  • Umroh yaitu berziarah ke baitulloh untuk thawaf dan sa’i di bulan romadhon.
Mengingat bulan Romadhon adalah bulan yang penuh berkah dan rahmat, maka mari kita penuhi siang dan malam harinya dengan amalan-amalan yang dilakukan oleh Nabi diberkahi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar